Cerita mantan letnan Angkatan Udara Korut yang membelot ke Korsel

Foto No Kum-sok pada Tahun 1953(Sumber:Wikipedia)

No Kum Sok(Hangul: 노금석 Hanja: 盧今錫)(Lahir pada tanggal 10 Januari 1932 di Sinhung,Korea) adalah Mantan Letnan angkatan udara Korut yang membelot ke Korsel dengan Pesawatnya MIG-15

Sebelumnya Ia sudah menjadi letnan Angkatan Korea Utara dari tahun 1949-1953

Penyeberangan No Kum Sok

Pagi tanggal 21 September 1953, No memerbangkan Pesawat MIG-15nya ke Pangkalan Udara Miiter Kimpo di Korsel, Waktu dari take-off di Korea Utara untuk mendarat di Korea Selatan adalah 17 menit dengan Pesawat MIG-15,  dengan MiG mencapai kecepatan 620 MPH(997,8 KPH). Selama penerbangan ia tidak dikejar oleh pesawat Korea Utara, juga ia didakwa oleh pasukan udara atau darat Amerika; AS radar di dekat Kimpo telah ditutup sementara pagi itu untuk perawatan rutin. No mendarat dengan cara yang salah di landasan pacu, hampir menabrak F-86 Sabre yang mendarat pada saat yang sama dari arah berlawanan. Kapten Pilot AS berbelok keluar dari jalan dan berseru melalui radio "sialan MiG!", piot AS lainnya yang mengitari bandara, mengatakan jika No  mencoba untuk mendarat di arah yang benar ia akan telah melihat dan ditembak jatuh. No meluncur MiG ke tempat parkir gratis antara dua jet Sabre, keluar dari pesawat dan mulai merobek foto Presiden yang dibawanya.
No  menerima $ 100.000 ($ 890.831 pada tahun 2014 dolar) hadiah yang ditawarkan oleh Operasi moolah untuk menjadi pilot pertama yang membelot dengan pesawat operasional, yang katanya dia pernah mendengar sebelum pembelotan Nya. No  menjelaskan bahwa pilot Korea Utara tidak diizinkan untuk mendengarkan radio Korea Selatan, selebaran penyiaran penghargaan itu tidak jatuh di Manchuria , dan bahkan jika mereka telah mendengar tentang pahala jumlah uang akan berarti ke komunis muda; katanya program akan lebih efektif jika mereka telah menawarkan pekerjaan yang baik dan tinggal di Amerika.
Ada dampak untuk Pembelotan No. Menurut Kapten Lee Un Yong, sebuah angkatan udara instruktur penerbangan Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan dua tahun setelah No , General Wang Yong, komandan tertinggi angkatan udara Korea Utara diturunkan. dan lima angkatan udara kawan dan komandan No dieksekusi. Salah satu dari mereka yang tewas adalah Letnan Kun Soo Sung, teman  terbaik No.
Ayah No Sudah Meninggal sedangkan Ibunya Sudah membelot ke Korsel.







Comments

Popular Posts