Legian plaza, mal yang kedua setelah duta plaza yang kini menjadi Hotel(今ホテルでレギャンプラザ、大使プラザ後のモールの第二)

Mungkin pada tahun 2010an, orang-orang dan teman saya belum tahu tentang mal yang menjadi hotel, tetapi, beberapa orang mengetahui dan meningat tentang mal Legian Plaza
Legian plaza adalah sebuah mal yang kini menjadi hotel, mal ini dibangun pada awal 90an dan dibuka pada pertengahan 90an,mal itu termasuk mal-mal lama di bali setelah Duta Plaza yang dibuka pada tahun 1990. pada saat itu mal yang terletak di jalan legian yang menjadi hotel, memiliki toko yang sangat megah dan desain mal yang tampaknya lebih bagus pada masa itu dibandingkan mal-mal baru yang ada di Bali.
Mal ini memiliki toko seperti matahari,timezone,mcdonald's,bioskop,dan toko-toko kecil, mal itu memang jauh lebih bagus dibandingkan mal-mal yag seperti beachwalk,mall lippo,centro, dan sebagainya.
Sayangnya, pada awal 2000an mal legian plaza mengalami krisis ekonomi dimana seluruh tokonya hampir tutup semuanya(kecuali Matahari,Mcdonald's,dll). Mal ini sudah dikalahkan dengan mal terbaru yaitu mal bali galeria yang dibuka pada tahun 2001 dimana desain mallnya sangat bagus hingga tahun 2008.
Mal itu tutup pada tahun 2006, dimana Mcdonald's menutup usahanya setelah puluhan tahun lamanya, sebelumnya matahari dan timezone juga tutup lebih awal pada tahun 2002
Ironisnya, tidak ada foto-foto mal legian plaza yang tersisa bahkan mal itu jarang difoto, sehingga tidak ada foto-foto legian plaza yang selamat dari tahun 90an hingga sekarang.
Menurut saya, mal ini adalah yang paling saya suka pada masa itu, mal itu hanya bisa dilihat kembali oleh penjelajah waktu dari sekarang dan penjelajah masa depan.

Comments

Popular Posts